Amanat NURHASNAH dalam Memperingati Hardiknas 2012 di SMKN 28 Jakarta


SMK NEGERI 28
JAKARTA
AMANAT PEMBINA UPACARA
COPAS EDIT dari SAMBUTAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PADA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2012
RABU, 2 MEI 2012

Assalamualaikum wa rahamtullahi wa barakatuh,
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,
Bapak/Ibu guru dan staf Tata Usaha yang saya hormati,
Para siswa kelas X PS – AP dan XI AP yang Ibu banggakan,
Alhamdulillah, marilah kita senantiasa bersyukur kehadirat Illahi Rabbi, Allah Yang Maha Baik, karena berkat rahmat dan hidayahNya, kita semua masih diberi kesempatan, kekuatan, kesehatan, dan kecintaan sehingga kita dapat melaksanakan peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2012, dalam keadaan sehat dan penuh semangat seperti pagi hari ini.

Melalui peringatan Hardiknas ini, perkenankan saya, atas nama Pemerintah Provinsi DKIJ menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan khususnya Bapak/Ibu guru SMKN 28 Jakarta beserta seluruh staf Tata Usaha atas segala ikhtiar, kepedulian, kasih sayang, dan perhatian yang diberikan terhadap seluruh siswa SMKN 28 Jakarta dalam upaya kita turut menumbuhkembangkan dunia pendidikan.

Dalam kesempatan ini pula, saya ingin menyampaikan “Selamat Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2012″. Semoga segala ikhtiar kita untuk memajukan dunia pendidikan menjadi semakin berkualitas dan akses pendidikan bagi seluruh siswa SMKN 28 terbuka seluas-luasnya, dalam arti tidak semakin banyak siswa kita yang mengundurkan diri dari sekolah dengan berbagai alasan. Ibu berharap kalian semua para siswa 28 ini akan senantiasa terus menerus menjaga semangat belajar, semangat menuntut ilmu demi masa depan kalian yang lebih baik dan berkualitas.

Bapak/Ibu dan para siswa sekalian;
Kita semua telah memahami bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan mobilitas fisik dan nonfisik kita termasuk kebudayaan dan peradaban semakin tinggi. Mobilitasi yang tinggi tersebut memunculkan dominasi peradaban tertentu, benturan antar peradaban atau terbentuknya konvergensi peradaban. Artinya gempuran kebudayaan yang kita terima sehari-hari melalui media maupun interaksi langsung antar anggota masyarakat menjadikan kita bias bersikap. Oleh karena itu maka peran dunia pendidikan dalam hal ini sekolah khususnya SMKN 28 Jakarta menjadi penting dalam mengokohkan kepribadian siswa membangun peradaban bangsa yang didasarkan atas jati diri dan karakter bangsa.

Bapak/Ibu guru dan staf Tata Usaha berperan signifikan mengawal anak didik kita semua dalam memberikan teladan kepada siswa untuk hadir tepat waktu di sekolah, tidak terlambat masuk ke ruang kelas saat tiba waktu mengajar, malu datang terlambat, malu melihat teman dapat berkarya, dapat berprestasi sementara kita belum mampu, mencontohkan diri sebagai Bapak/Ibu yang patut digugu dan ditiru para siswa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2012 ini adalah Bangkitnya Generasi Emas Indonesia. Tema ini sejalan dengan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita, yaitu Ki Hajar Dewantoro, yang pada hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.
Generasi emas Indonesia saat ini di antaranya adalah para siswa SMKN 28 Jakarta di bawah bimbingan dan arahan yang penuh kasih sayang dari seluruh Bapak/Ibu guru dan staf Tata Usaha.

Bapak/Ibu dan para siswa yang berbahagia,
Untuk mempersiapkan generasi emas tersebut, telah disiapkan kebijakan yang sistematis, khususnya di SMKN 28 Jakarta, sekolah turut berupaya menyambungkan hasrat belajar siswa yang datang dari keluarga tidak mampu dengan pemberian beasiswa dari berbagai sumber. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena hampir sebagian besar siswa SMKN 28 harus ditolong bangkit dari lingkungan rumah yang kurang memadai sehingga dengan belajar di 28 ini, para siswa kelak akan mampu menghidupi dirinya dengan komptensi yang telah dipelajari di sekolah. Ketiadaan biaya tidak menjadi penghalang untuk sukses bersekolah dengan menunjukkan catatan keberhasilan berbagai prestasi yang dapat kalian miliki.
Salah satu contoh pengembangan diri siswa agar lebih berkualitas, sekolah 28 memiliki banyak kegiatan yang mengikutsertakan siswa di berbagai tempat. Kegiatan terkini yang telah berlangsung adalah kegiatan di Universitas AL-Azhar Indonesia selama dua hari Ahad berturut-turut belasan siswa 28 mengikuti kegiatan tersebut dengan baik didampingi Bapak/Ibu guru pembimbing. Selain itu juga lebih dari delapan siswa hari Ahad yang lalu mengikuti kegiatan penelitian di Kepulauan Seribu tepatnya di Pulau Onrust, bersamaan dengan puluhan siswa lainnya mengikuti kegiatan Fun Bike di Senayan dan Monas, juga Gebyar Pendidikan di Silang Monas Jakarta pada hari Sabtu lalu.
Hari ini 13 siswa terbaik dari setiap kelas yang ada saat ini akan dibimbing untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri di Hotel Puncak Jawa Barat selama 4H3M dengan biaya ditanggung oleh Dinas Olah Raga yang bekerja sama dengan sekolah. Kemarin alhamdulillah, salah satu teman kita mengikuti kegiatan Debat Bahasa Indonesia berhasil masuk ke tingkat Provinsi DKI Jakarta bersama perwakilan dari dua SMKN lainnya. Untuk debat Bahasa Inggris akan diseleksi Sabtu ini, lalu kita juga akan mengikuti seleksi OSTN Matematika Nonteknologi, selain sekolah juga sedang mempersiapkan kaka kelas kalian untuk mengikuti LKS tingkat Nasional.
Kesemua ini adalah contoh bahwa berbagai kegiatan di sekolah akan membawa para siswa menjadi lebih bernas lebih berkualitas. Oleh karena itu keaktifan kalian sebagai siswa yang baik, siswa yang rajin, siswa yang pantas dipilih oleh guru, harus kalian tunjukkan kepada sekolah, agar kalian dapat terpilih mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif, tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri, bahkan mungkin kalian akan menerima uang saku selain ilmu pengetahuan yang kalian dapatkan. Dan yang perlu menjadi perhatian kita semua adalah kegiatan kalian ini senantiasa didampingi oleh Bapak/Ibu Guru yang mengorbankan waktu untuk diri dan keluarganya demi melaksanakan tugas pekerjaannya sebagai seorang pekerja yang menghambakan dirinya pada duli Rabb Sang Pencipta.

Bapak/Ibu yang baik, melalui kesempatan ini izinkan saya menghaturkan terima kasih yang tulus atas budi baik Bapak/Ibu dalam menolong siswa dan sekolah sehingga pendidikan di 28 kita lebih berkualitas, diiringi permohonan maaf bila selama hampir enam bulan ini saya berada di tengah-tengah Bapak/Ibu semua, ada beberapa hal yang kurang berkenan di hati kita. Semoga Allah YM Penyantun memberikan kita keluasan hati dan kedalaman jiwa untuk ikhlas bersaudara dan mengabdi di 28 kita ini.

Akhirnya, Ibu mengucapkan sekali lagi selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional kepada kita semua insan-insan pendidik khususnya guru-guru matahari di SMKN 28 Jakarta. Semoga apa yang kita tanam dan semai dalam dunia pendidikan selama ini, menjadi bagian dari amal kebajikan di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kita semua ingat ungkapan bijak, “Semai dan tanamlah biji dari tumbuhan yang kamu miliki meskipun kamu tahu esok akan mati.” dan “Siapa yang menanam, dia yang akan memetik”. Marilah kita berlomba-lomba menanam kebaikan. Insya Allah kita dan anak cucu kita akan memperoleh kebaikan itu di dunia dan akhirat kelak, amin. Terima kasih.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,
Jakarta, 2 Mei 2012
Kepala SMKN 28 Jakarta
NURHASNAH.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: