Rindu Afif


Tahun 2007 anak lanangku yg prtama lulus SDIT Miftahul Ulum, dn ats kemauan sndiri jg prtimbngan km ummi abinya, km memutuskn Afif mlnjutkn SMPnya di sebuah pesantren yg berlabel Islamic Boarding School di kawasan Meruyung Cinere tidk jauh dari Masjid Kubah Emas Dian al Mahri. Demi menjg hafalan Qurannya yg saat itu sdh mncapai Juz 28, demi mnghrp di pesantrennya Afif bisa prlahan-lahn cas cis cus English and Arabic, jg brhrp Afif rutin membc al-Qur’annya, dan demi mnjg telinganya snantiasa gemuruh dg suara adzan, orang mengaji tiap pagi dn petang, brnasyid, brmarawis, jg mnjg adab prgaulan yg skrang cnderung tidak islami, ku titipkan permataku di sana.

Se tahun telh berlalu kini, apa yg ku hrp alhamdulillah bnyk yg trcapai walau banyk jg yg kurang memuasknku. Yg jelas saat ini Afif kembali trbata-bata mnghafal juz 30 lalu juz 29 yg baru saja dilakukannya, tapi mmbc ayat-ayatNya Afif jauh lebih baik, BerEnglish and Arabic? Afif perlahan-lahan menerpknnya, mudh2n bisa jauh lebih baik dr smestinya, amin.  Aku brhrp bnyk akn sebuah pesantren yg mampu mengantrkan anak2 negeri menjd lebih cerds, sholeh, dan santun.

Di pesantren ini aku brhrp kurang dr dua thn ke depan, Afif akan lulus dari SMPnya ini dengan hasil baik, lulus dg mengedpnkn kejujurn agar mudah menghdp Allah kelak, mampu mengikuti seleksi nilai UN di SMA yang idamkannya. Kenapa tidak mlnjutkn saja di pesantern ini? Jawabku aku merindunya setiap malam-malam yang panjang, mengingatnya setiap jam-jam ba’da Isya sambil menghrp Afif belajar dengan baik dan benar di sana, aku mndambanya duduk brcerita ttg teman2nya, ttg bpk/ibu gurunya, ttg prjalanan awal ms remajanya stp malam di sisiku. Saat ini ktk pesantrennya tdk membuatnya mrs nyaman, sebagian teman2nya mengggelishknnya, beberp materi pljran ada yg hrs ditanyakannya, aku tdk brada di sisinya.   Kpd siapa Afif brhrp, brdoa spnjang malam, Rabbi, hanya padaMu tempt kami melbuhkn sgl rasa, Engkaulah Yg Mh Kuasa ats penatnya hati, di tanganMulah segenap kedamaian, ketenteraman, dan sepinya kebisingan.

Rabbi, ku titip rinduku untuk anakku yang Kau jadikn pelita hdpku, turunkn kedamaian dlm htnya bhw ummi senantis mendoaknnya, brhrp sejuta kebaikn dan kemudhn hdp diberikan Allah untuknya. Ya Lathiiiff, lembutkan perasaan kami untuk mampu menangkap cahayaMu, memahami isyarat kebaikan dariMu. Amin.

4 Balasan ke Rindu Afif

  1. retna mengatakan:

    Terharu sekali membaca tulisan ibu… Perasaan ibu yang begitu dalam kepada Afif sangat tercermin dalam tulisan ibu. Sebagai sesama ibu yang mempunyai putra, terbayang betapa berat jika harus berpisah dengan putra yang sangat kita kasihi… Terutama karena saya juga ingin memasukkan putra saya ke pesantren. insyaallah. Semoga Allah SWT memberi kekuatan dan ketabahan,demi menjaga putra putri kita menjadi anak-anak yang sholeh dan sholeha.Amin.

  2. kusdiyono mengatakan:

    Ibu Ana, diharap kehadirannya di acara buka puasa dan pelantikan pengurus OSIS 2008-2009 tanggal 13 Oktober 2008. Trims…

  3. nurhasnah mengatakan:

    Pak Kus, alhamdulillah, insya Allah saya datang untuk silaturahim berifthor jama’i, semoga besok sore kita dimudahkan Allah untuk kumpul bersama. Amin. Terima kasih untuk semua teman-teman di 38 atas kerja sama yang sangat baik, prtisipasi yang aktif, dalam mendampingi anak-anak negeri yang dititipkan Allah untuk kita di 38, semoga Allah YAng MAha Kuasa atas segala ketentuan akan menjaga kita untuk senantiasa kuat karena kita berjalan bersama. Dan untuk pelantikan pengurus OSIS 13 Oktober insya Allah saya dapat hadir, semoga Allah memperpanjang silaturahim kita hingga tiba saat itu, semoga panitia pelantikan dapat optimal bekerja mempersembahkan kerja terbaiknya untuk OSIS 38, sukses senantiasa untuk anak-anak semua. Pak Kus, Bu Yanti, dan teman-teman semua, may Allah bless us forever. Together with u, don’t affraid of tomorrow, because we passed yesterday, and … we love today. Ma’an najah. Gandul, 220908 – 22.19.

  4. nurhasnah mengatakan:

    Bu Retna, makasih sudah berkunjung ke rumahku, semoga betah dan kita bisa ngobrol sama-sama, lama-lama. Makasih juga atas komentar ibu semoga kita dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ditetapkan Allah untuk kita. Sukses ya, bu Retna, juga untuk hasil penilaian yang oke dalam persiapan akreditasi sementara oleh Ibu Pengawas. Selamat untuk bu Retna dan semua teman-teman program keahlian Tata Busana, juga seluruh guru 38 yang saat ini sedang mengumpulkan pahala kebajikan dari setiap tetes keringat demi memajukan 38. Makasih untuk semua kerja keras dan partisipasi aktif yang tinggi. Tiada yang salah dalam ketentuanNya, semoga upaya kita senantiasa mendapat kemudahan dan keberkahan Allah. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: