Dit PSMK-Subdit Pembeljrn mendorong SMK di DKI Jakarta menuju SBI


Hari ini saya mendapat kesempatan menerima pengetahuan dan informasi bersama teman-teman kepala SMKN Jakarta mengenai Sekolah Bertaraf Internasional. Sejak pukul 08.30 acara dimulai dengan pembukaan oleh kasubdis SMK Dinas Dikmenti Prov. DKI Jakarta bapak Drs. Bambang Pramestiadi, dilanjutkan sosialisasi SMK SBI oleh Kasie Penilaian ibu Ir. Nurwidyani, M Si. Alhamdulillah ternyataSMK SBI sudah ada di 33 provinsi di Indonesia dengan provinsi terbanyak Jateng yang memiliki 52 SMK SBI, sementara saat ini DKI Jakarta yang ibu kota negara Indonesia kita baru memiliki kurang dari seperlimanya, tepatnya baru 11 SMK. Namun hal ini mudah-mudahan tidak menimbulkan kesan bahwa pendidikan SMK Jakarta tertinggal dibanding daerah. Setidaknya Bu Nurwid telah menghimbau agar kami semua tergerak untuk memajukan SMK di Jakarta melalui SMK SBI dengan memanfaatkan kesempatan Dit PSMK yang relatif dekat jaraknya dengan sekolah kami semua. Bahagia rasanya mendengar fakta ini setidaknya kita boleh berharap Jakarta akan menjadi barometer pendidikan yang berkualitas di negeri ini, bila salah satu indikatornya adalah Jakarta memiliki SMK SBI yang benar-benar BI. Semoga Allah memudahkan kita mewujudkan niat baik ini dalam perbuatan nyata demi memajukan kehidupan anak-anak negeri. Amin.

Saya sendiri sampai saat ini baru berharap 38 beberapa waktu ke  depan akan mewujud sebagai SMK berstandar nasional. SMK SBI? Rasanya belum dahulu, kami bermimpi SSN yang benar-benar SSN yang akan membuat kami kian bersemangat mengabdi. Ku pikir ini tidaklah berlebihan, secara de facto 38 memiliki SDM yang handal, yang memiliki semangat pembelajar yang tinggi (bayangkan dalam kesederhanaan sekolah kami, saya sedikit memaksa para guru untuk tidak boleh gaptek), kenapa? karena sekarang era teknologi (di tulisan saya yang lain akan saya tulis mengapa guru yang kupaksa!). SMK SSN akan menjadi label yang mengantarkan siswa kami meraih mimpi hidup lebih bermakna karena merenangi lautan pengetahuan yang ditimba dari kehandalan para guru juga kelengkapan peralatan yang amat memadai. Lainnya? Insya Allah Subdit Pembelajaran hari Senin – Jumat pekan depan mengundang lagi kami semua di Griya Astuti untuk mengikuti pendalaman materi manajemen SSN. Bathinku berkata Allah Mahasempurna pengetahuannya, baru berharap saja Dia segera mengabulkan keinginanku. Allahu akbar. Doakan ya semoga 38 suatu waktu nanti benar-benar bisa jadi SSN. Amin.

Ba’da sholat Dzuhur, acara dilanjutkan dengan paparan SMK di Jakarta yang telah mendapat bantuan dana untuk menjadi SBI. Senang rasanya mendengar cerita sukses teman-teman ini, terbayang betapa nyamannya mengajar di SBI ini, siswa-siswa yang pintar, sarana yang amat sangat memadai, tambahan pengetahuan berenglish-ria yang wah… saat ini betapa inginnya saya ikut kursus bahasa Inggris namun saya belum memiliki kesempatan yang tepat. Apa lagi dengan SBI, andai saja saya ada di sana saya ingin mencuri sebanyak-banyaknya kesempatan belajar ini. Kapan ya ???  Dulu di sekolah saya yang lama pernah ada kursus seperti ini tidak bayar dengan memanggil guru dari luar sekolah tapi di sana juga saya tidak mendapat jatah. ah … saya kehilangan kesempatan dan berlalu usia yang kurang diisi dengan pengetahuan berenglish ini. Semoga lain waktu ke depan saya akan mendapatkan kembali mimpi indah ini. Amin.

Sampai pukul 16.45 acara ini selesai, kami akan berpisah sementara. Sayonara …!!!

Tapi acara khusus untuk kami ber30 belum selesai ternyata. Kasie Manajemen SMK bapak Fatah Munzali memberi arahan yang berguna untuk kami, menerangkan bahwa kami akan mengikuti pelatihan manajemen sekolah di dinas provinsi. Waahh… ini pelatihan yang kami nantikan karena sampai hampir delapan bulan kami terjun bebas ke sekolah. Thanks to Mr. Fatah untuk arahan bapak yang sangat berguna. Semoga ke depan kami kian kokoh menapakkan kaki di sekolah agar sedikit banyak kami turut andil mewarnai SMK di Jakarta dengan berjuta kebaikan yang kami tunaikan semata-mata sebagai bukti penghambaan kami kepada Rabb al Aziz, yang Mahaperkasa dengan segala kemulian dan ketinggian pengetahuan semesta. Pukul 17.15 kami berpisah. Ilal liqo ..!!!

Tapi lagi-lagi kami masih memiliki tugas lain. Kesempatan berdzikir bersama disediakan Allah melalui kebijakan Pak Margani selaku Kadis Dinas Dikmenti PDKIJ. Malam ini SMKN 45 Jakarta Barat akan gemuruh dengan suara tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir. Kami ingin bergabung di sana, namun apa boleh buat Jakarta yang macet menghalangi kami, sampai pukul 20.10 kami baru di 45, dan dzikir hampir tuntas. Kami (Ana38, Ida 43, dan Nuryati 28) akhirnya ikut pulang karena semua juga sudah selesai dan pulang. Thanks to Mr. Gendra selaku pimpinan 45 untuk keramahan yang tersisa di penghujung waktu, alhamdulillah setidaknya kami sudah mengulurkan silaturahim yang tulus untuk komunitas pendidikan di Jakarta, semoga Allah mencatatnya sebagai butir-butir kerikil yang kami himpun untuk berumah cantik di jannahNya nanti. Amin.

Tiba di rumah sudah pukul 21.30, sudah malaaamm, gadis kecilku hampir tidur, dan katanya tuh kan benar deh, ummi, Nina salah doa waktu itu: Allah, mudah-mudahan ummi jadi kepala sekolah supaya pulang cepat ke rumah. Eh … nyatanya? sampai malam ini, aku mengambil hak anakku untuk kuberikan pada anak-anak negeri. Kalau begini, apakah doa Ninaku keliru? Rasanya benar, rasanya juga keliru, tapi ah … mari nikmati sayang sisa malam ini, mari nikmati sayang kisah hidup ini, pukul 22.50 saat ini, saya tuntaskan menulis di blogku ini untuk mengajaknya bermimpi indah, belajar dan jalan-jalan sama Ummi nanti malam. Menemaninya belajar? Malam ini Nina belajar sendiri dan baru saja berpesan minta dibangunkan nanti malam menjelang aku tahajud sebelum subuh untuk mengulang bahasa arabnya ulangan besok hari. Rabb, semoga Engkau menuntunnya memahami pelajarannya ini dan semoga aku tega untuk membangunkannya nanti malam. Amin. Afwan, ya dek … !!! Ana uhibukki lillah. Suer, nak, … !!!

2 Balasan ke Dit PSMK-Subdit Pembeljrn mendorong SMK di DKI Jakarta menuju SBI

  1. Kusdiyono mengatakan:

    Selamat datang di dunia maya Ibu Ana…semoga ini menjadi ladang baru buat kita menebar ilmu dan kebajikan, serta menjadi ajang untuk sharing karena kesibukan dan keterbatan waktu Ibu…

  2. retna mengatakan:

    Selamat juga Ibu, tulisan terbarunya kok belum ada ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: