Seminar yang bermutu dari Sampoerna Foundation Teacher Institute


Jumat, 211108 siang pukul 14.00 sampai pk. 16.30 saya mengikuti seminar yang menarik dan bermutu (padahal gratis, lho) di Sampoerna Foundation Teacher Institute (SFTI) lantai 25 gedung A Sampoerna jalan Sudirman Jakarta. Bermula dari selembar undangan yang disampaikan pak Kusdiyono guru kami (terima kasih, ya, pak!) yang diambilnya dari internet, bahwa SFTI mengundang guru dan pemerhati pendidikan lainnya untuk berbagi tentang Pendidikan berbasis multikultural.

Setelah menyimak dan berdiskusi dengn berbagai pihak pemerhati pendidikan ini saya merasakan bahwa memang penting dan perlu kita mengikuti acara sejenis ini yang merecharge semangat yang bersemayam di satu sudut hati, bahwa pengetahuan umum tenatng dunia pendidikan kita semasa kuliah itu harus diupdate, harus …! karena di luar sana subhanallah, betapa luasnya samudera pengetahuan ini, betapa kita hanya menjadi satu titik kecil dari tetesan pena Sang Maha Guru. Duh Allah tulisan ini kutujukan untuk diriku sendiri yang sering lalai menanggapi ajakan belajarMu yang dikumandangkan lelaki pujaan hati itu beratus tahun yang lampau. Terima kasih, Allah, telah mengirim seorang Muhammad lelaki pilihan teladanku ini untuk menaklukkan belantara ilmuMu. Bantu aku, ya Rabb, untuk mau belajar, untuk terus semangat memunguti kerikil-kerikil pengetahuan dan kasihMu. Amin.

Mengambil simpulan dari pembicara SFTI yang imut-imut namun smart sekali sore itu adalah Nisa Felicia yang cantik asli Palembang dan Bandung, hm … di akhir paparannya menyampaikan bahwa kelas atau bisa jadi sekolah adalah mikrokosmik dari masyarakat, untuk itu siswa perlu dipersiapkan sedini mungkin untuk terjun langsung dalam kehidupan masyarakat sesungguhnya, maka memiliki perbedaan itu biasa, tidak apa-apa, menyampaikan pengetahuan dengan memperhatikan multikultural para siswa akan memperkaya mereka.

Bapak/ibu yang baik, menghadapi siswa janganlah kita membuat asumi terburu-buru, apalagi membuat generalisasi … , Alhamdulillah terima kasih atas pengertian teman-teman di 38 yang melihatku lari pulang sebelum waktunya demi mengejar acara ini. Afwan wa syukran, jazakumllh khairan katsiran.

2 Balasan ke Seminar yang bermutu dari Sampoerna Foundation Teacher Institute

  1. dedidwitagama mengatakan:

    nice report😀

  2. nurhasnah mengatakan:

    Thnks, pak Dedi untuk support yang tak henti terputus, jzkallah khrn ktsrn. 081208-13.10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: