Vietnam – Hanoi, oh oh oh …


Medio Desember 2008, atas izin Allah yang diperpanjangNya melalui pak Ujang Arifin dan Pak Gator Direktur SEAMOLEC, aku menginjakkan kaki di bumi Allah yang luas ini, tepatnya di Vietnam sebuah negara komunis, yang awalnya tidak pernah terlintas dalam alam pikirku bahwa aku akan menjejakkan kakiku di sana. Ternyata … Allah menetapkan takdirNya yang berbeda untukku. Alhamdulillah, bagiku tidak ada yang pernah salah dalam ketetapanNya, aku hanya akan belajar, mengapa, bagaimana?

Berawal dari rencana besar SEAMOLEC-nya Pak Gatot, yang menopang tumbuh kembangnya SMK SBI-nya pak Joko Direktur PSMK, maka diundanglah Kepala2 SMK rintisan SBI untuk membuat suatu MoU dengan negara2 yang Mendiknasnya tergabung dalam SEAMOLEC. Untuk Jakarta, SEAMOLEC yang CP-nya mBak Cahya Ratih dan Pak Timbul Pardede, mengundang 10 kepala SMK-SMA dan 10 lainnya dari luar Jakarta. Dari Jakarta sendiri, hanya akulah yang SMK-nya belum terpikir untuk menjadi rintisan SBI, apatah lagi SBI – itu adalah mimpiku nanti …, tidak untuk waktu dekat ini, tapi aku memang menggantungkan salah satu mimpi itu untuk suatu saat nanti, once upon the time …, tapi mengapa aku ikut pergi? ha … ikut?

Jawabnya adalah aku pergi karena baiknya orang2 di sekitarku, karena aku diizinkannya untuk ikut belajar, karena aku mau pergi ingin tahu, ada apa , seperti apakah, dst, dan yang pasti karena Allah menghendaki aku ikut. Just … Pak Ujang, pak Ibnu, Pak Gatot, Pak Margani, Pak Bambang Pram, Pak Andri, terima kasih atas support yang diberikan baik secara langsung maupun tak langsung hatta melalui sebait doa, semoga Allah merahmati Bapak dan keluarga dalam kebaikan kemudahan hidup menuju jannahNya. Amin.

Kamis, satu hari sebelum berangkat, kami mengikuti pembekalan di SEAMOLEC  Pd. Cabe sampai pukul 14.00 dipandu pak Aritonang dan dihantar oleh pak Gatot yang menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan ini. Intinya Pak Gatot berharap terjalinnya satu MoU Indonesia dengan negara Vietnam (yang akan disusul dengan negara2 lain yang tergabung dalam SEAMOLEC) untuk bersama-sama melangkah memajukan kualitas pendidikan di negeri tercinta ini yang difasilitasi oleh SEAMOLEC melalui satelit penghubung dunia. Wah … bermimpi indahnya berbagi pengetahuan … aku merasa mengawang membayangkan apa jadinya bila proses pembelajaran yang digagas orang-orang hebat negeri ini terwujud? maka sebuah nilai tersendiri menyemayam di sudut hatiku, akankah aku menjadi bagian kecil yang menggenapkan firman Allah akan hebatnya ketinggian suatu pengetahuan? Subhanallah … aku berazam, akan kutularkan virus mencintai pengetahuan ini kepada siapa saja anak2 negeriku, anak2 buah hatiku, anak2 tetanggaku, anak2 yang kelak berbelas tahun ke depan mereka akan menjadi khalifah di bumiNya ini. Insya Allah. NURHASNAH.

Tinggalkan Balasan

