SMKN 38 Mencoba Menerapkan Konsep Sekolah Berwawasan Kebangsaan


Terinspirasi setelah mendengar laporan para guru yang telah mengikuti seminar sekolah berwawasan kebangsaan, juga setelah kami bersama beberapa guru dn siswa  mengikuti talk show sekolah anti terorisme, aku bermaksud menerapkannya dalam kegiatan sederhana.

Saat seminar tersebut kami dibagikan buku yang berisi lagu-lagu nasional yang diharapkan dapat menggugugah rasa kebangsaan bila lagu tersebut diperkenalkan ulang kepada para siswa di sekolah. Dalam buku tersebut tertulis bahwa setiap hari hendaknya para siswa menyanyikan lagu2 tersebut di rumah masing-masing dan setelah selesai para ortu menandatangani bagian yang telah disediakan dalam buku tersebut. Kami berdiskusi informal bersama beberapa teman dan akhirnya kami merasa pentingnya hal tersebut juga kami lakukan dengan sedikit perubahan cara. Di 38 insya Allah mulai Senin, 051009 kami akan mengajak dan menumbuhkan semangat kebangsaan para siswa dengan cara mengharuskan seluruh siswa dan guru yang mengajar setelah keluar main I selama 5 menit sebelum pelajaran dimulai untuk berdiri bersama menyanyikan satu dua lagu nasional yang telah ditentukan urutannya. Semoga hal ini dapat menumbuhkan satu jiwa yang mencintai negeri sehingga hubbul wathon mewujud di 38 kami, insya Allah.

Sahabat yang baik, menumbuhkan rasa kebangsaan ini memang mesti kita upayakan karena mencintai negeri akan mengantarkan kita pada kedalaman iman yang menenangkan. Semoga ke depan akan tumbuh ksatria2 baru dari 38 yang perlahan tapi pasti akan mendidik anak2 mereka kelak mencintai negeri seperti ayah bundanya, amin.

Terima kasih, pak Taufik Yudi Kadisdik DKIJ telah mengundang kami mengikuti seminar sarat manfaat dan informasi ini semoga kita dapat mewarnai wajah pendidikan di Jakarta dengan sebaik2 bentuk yang dirahmati Allah …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: