IHT 38 Desember 2009


Menutup semester ganjil thn 2009 ini, kami melaksanakan IHT yg diikuti semua guru (kecuali yg ada tugas lain) bertempat di RKB dg kursi kuliah baru, alhamdulillah. Kami mengundang narasumber yg awal pemilihannya memang subjektif sekali. Bbrp waktu yg lalu saya diberkahi Allah untuk menerima materi dari banyak narasumber yg sangat kompeten, saya menyebut mereka dg my inspiring teachers. Saya merasa dilimpahi rahmat yg dmkn besar shg saya berpikir betapa bermanfaatnya bila materi yg sm jg diterima oleh teman2 saya di 38. Saya mendiskusikannya bersama tim mnjmn dn akhirnya disepakati untuk mengundang bbrp yg hebat itu.

Kami mengawalinya dengan mengajak Pengawas kami Bu Sukmayati, kemudian saya bersilaturahim ke Pak Slamet Widodo Kabid SMK DisDik DKIJ, lalu saya menghubungi Bu Tuti Sumiati dan Pak Made Wijana di P4TK, Bu Elly Sofiar Trihono dr LPMP DKIJ, dan Pak Eko Wahyu Wibowo Waka SMKN 49 JakUt. Dengan izin Allah keenam beliau menyepakati untuk hadir di 38 pada Selasa – Rabu, 22 – 23 Desember 2009 , alhamdulilllah.

Hari pertama IHT diiringi dg hujan kepagian (saya teringat bpk Nugroho Notosusanto) yg tak kunjung henti menebarkn rahmat kesejukan bg kami, mengawali acara Pembukaan oleh Pengawas 38 Ibu Sukmayati, yg dilanjutkan dg materi I mengenai Pengembangan Penyusunan Silabus dan RPP dalam Kurikulum SMKN 38 Jakarta yg diberikan oleh pakar dari P4TK BisPar Sawangan Ibu Tuti Sumiati. Setelah istirahat materi selanjutnya adalah Tausiyah Motivasi Bekerja dan Beribadah oleh Pak Slamet Widodo dengan inti materi bahwa apa yg kt berikn untuk 38, mk itulah jg yg akan kt terima sebagai balasan drNya. Mengawali berbuat baik dr diri sendiri akan berimbas kebaikan pada orang lain, dn kebaikn org lain akan mengenai diri kt kembali, subhanallah. Setelah brlalu satu jam Bu Tuti melanjutkan kembali materi Kurikulum yg mengundang kami asyik bertanya jawab. Ba’da Dzuhur kami menerima materi Pengembangan Strategi Pembelajaran dari Ibu Elly Sofiar. Materi ini me-recharge kami untuk terus bersemangat mengembangkan strategi pembelajaran agar pelayanan kami bagi siswa dapat optimal. Diakhiri dg perenungan bg seorang ibu, kami mensyukuri karunia pertemuan dg Bu Elly ini. Lepas Ashr yg barokah kami kembali menuju rumah cinta kami masing-masing.

Hari kedua IHT diawali dengan materi Penggunaan Bhs Inggris dalam Pengembangan Metode Pembelajaran oleh Pak Made Wijana. Pada sesi ini kami diajak aktif berbicr dlm Bhs Inggris dg beragam keterbatasan kami. Pak Made mngantarkn kami unt mnggunakn Bhs. Inggris ini dg cara yg sederhana namun mengena bagi kebutuhan kami, alhamdulillah. Tak terasa waktu sdh menunjukkan pk. 12.00 saatnya kami istirah bermunjat kpdNya, mnsyukuri sekali lagi nikmatnya berteman dg orang2 pintar ini. Materi terakhir diberikan oleh pak Eko di ruang komputer. Kami mencoba bersahabat dg internet  yg disampaikan pak Eko dg ringan. Kami membuka wawasan pengetahuan baru bersama pak Eko sampai pukul 16.00. Di antarai dengan sholat Ashar sore itu kami menuntaskan kegiatan dg rapat dewan guru menyambut semester genap yg akan datang.

Dengan syukur yg tak trperikn, kami merasa kebaikan serasa melingkupi diri kami, kami menghamba pada Dzat Pemilik Semesta Pengetahuan, kami tersadrkn betapa dangkalnya pengetahuan kami, betapa jauhnya langkah yg mesti kami susuri agar kemilau kebrhasilan pembelajaran siswa di tangan kami dapat mewujud indahnya. Doa kebaikan dan kemuliaan hidup smg senantisas trcurah bagi bapak/ibu yg menambatkn pengetahuan dn kebaikannya untuk kami dlm kegiatan IHT 38 ini, semoga Allah senantiasa memuliakan bpk/ibu dg kebahagiaan hidup di dunia dn akhirat kelak, amin. Jazakumullah khairan katsiran. Salam kami; Nurhasnah dan teman2 38.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: