SAMBUTAN KEPALA SMKN 38 JAKARTA Pada acara penglepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2009 – 2010 Kamis, 20 Mei 2010


SAMBUTAN KEPALA SMKN 38 JAKARTA

Pada acara penglepasan siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2009 – 2010

Kamis, 20 Mei 2010 di Grand Ball Room Hotel Lumire Jakarta

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,

Innal hamda lillah, nahmaduhu wa nasta’inuhu wa nastaghfiruhu, wa naudzubillahi min tsururi anfusina, wa min sayyi’ati a’malina, man  yahdhillahu  fala mudhillalah, wa man yudhlil fala haadiyalah – ashadu  alla ilaha illallah wahdahu la syarikalah, wa asyhadu an na Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu la nabiyya ba’da, amma ba’ad.

Yang kami hormati:

* Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah Kota Administrasi Jakarta Pusat – Bapak Drs. Bambang Pramestiadi

* Kepala Seksi SMK Sudin Dikmen KAJP – Ibu Dra. Hj. Yuska beserta staf

* Koordinator Pengawas dan Pengawas SMK KAJP – Bapak Drs. H. Dachwan Setiawan dan Bapak Drs. Edi Siswoyo, MM, juga Pengawas SMKN 38 Jakarta  Ibu Dra. Hj. Sukmayati, MPd

* Ketua dan Wakil Ketua Komite SMKN 38 Jakarta – Bapak Subekti dan Ibu Berliana Lumban Toruan, SH, M Pd

* Bapak Ibu orang tua/wali siswa kelas XII yang berbahagia

* Para wali kelas XII, seluruh guru dan staf tata usaha, serta para pembina pelatih kegiatan ekstrakurikuler SMKN 38 Jakarta

* Ketua OSIS dan para siswa kelas X dan XI yang terpilih meyaksikan acara penglepasan ini serta

* Seluruh siswa kelas XII yang Ibu sayangi dan Ibu banggakan

Alhamdulillah,

Yang pertama pada pagi yang penuh rahmat dan kegembiraan ini, di tempat yang nyaman ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan karunia dan nikmatNya yang tiada berbilang bagi kita semua, makhlukNya yang sangat lemah yang tiada memiliki kuasa dan apapun tanpa izinNya.

Shalawat dan salam penghormatan juga kita lantunkan bagi insan pilihan, kekasih Allah al-Halim, makhluk paripurna Nabi Muhammad SAW yang sangat penyantun.

Kedua izinkan saya menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas perhatian dan perkenan hadir bapak Bambang Pramestiadi Kasudin Dikmen KAJP beserta para undangan lainnya Bu Yuska, Pak Dachwan, Pak Edi, Bu Sukma pada acara penglepasan siswa kelas XII SMKN 38 Jakarta.

Juga saya sampaikan terima kasih dan salam hangat kami seluruh guru dan staf tata usaha SMKN 38 Jakarta kepada para orang tua/wali siswa yang telah berkenan hadir memenuhi undangan kami dan senantiasa memberikan support dukungan semangat pada para putera/puteri bapak ibu, alhamdulillah.

Hari ini adalah hari yang menyenangkan, hari yang penuh nuansa kegembiraan, hari yang telah lama dinanti oleh anak-anak Ibu semua khususnya siswa kelas XII setelah selama tiga tahun mengikuti proses pembelajaran di SMKN 38 Jakarta. Kegiatan proses pembelajaran ini telah diikuti dengan beragam nuansa cerita dan beberapa waktu yang lalu berujung pada pelaksanaan Uji Kompetensi Produktif, Ujian Nasional untuk 4 mata pelajaran, dan Ujian Sekolah baik teori maupun praktik. Atas berkah rahmat Allah seluruh kegiatan ini telah diikuti dengan baik dan hasilnya adalah kegembiraan yang mewujud pada sukacita saat pengumuman kelulusan pada tanggal 26 Mei 2010 lalu, alhamdulillah.

Bapak ibu para undangan yang berbahagia, anak-anak Ibu para siswa semua,

Pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan sukacita saya mewakili para guru dan staf TU semua bahwa tahun ini UN SMKN 38 Jakarta diikuti oleh 107 peserta ujian dan alhamdulillah mendapat keberhasilan kelulusan UN 96,26%. Namun demikian di sisi yang lain saya sampaikan juga perasaan gundah dan sedih hati saya karena masih ada 4 siswa kami yang saat ini menanti pengumuman kelulusan ujian ulangan, mudah-mudahan dalam waktu dekat pengumuman kelulusan UN ulang ini akan menggenapi kelulusan siswa hingga 100%, amin. Mohon doa dari bapak ibu semua semoga keinginan dan harapan kami ini diijabah Allah Yang Maha Baik.

Terkait dengan keberhasilan kelulusan dengan % yang relatif tinggi untuk SMK di Jakarta Pusat pada kesempatan ini juga saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh guru SMKN 38 Jakarta yang telah berupaya memberikan segenap kemampuannya yang terbaik kepada seluruh siswa kelas XII sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan kondusif, penuh semangat walaupun kadang kala dibarengi pula dengan kejenuhan, kelemahan daya sebagai manusia biasa.

Namun demikian dengan kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sangat tinggi, hal ini telah mampu kita kelola dengan baik sehingga dengan pertolongan Allah YM Baik senantiasa bersama kita.

Allah jugalah YM Mendengar doa yang kita panjatkan di setiap sujud-sujud panjang di malam hari, YM Menatap kita saat bermuhasabah bersama siswa di Masjid Bank Indonesia, mendirikan sholat tahajud bersama, berdzikir  di tengah lapangan upacara pada menjelang subuh dini hari, saat kita menghamba mengguncangkan arasy Rabb Sang Pencipta Pemilik Segala Semesta, kita mengharu biru dalam doa di kala matahari dhuha menerangi langit 38 pada pagi harinya yang  sempurna.

Bapak Ibu para undangan yang baik,

Allah YM Pemurah dan Penuh Rahmat itu menitipkan 107 siswa kelas XII dengan beragam karakternya, dengan beragam persoalan hidupnya namun sekaligus pula dengan beragam solusiNya. Kami semua tiada berdaya tanpa kasih sayangNya, untuk mengajari dan mendidik putera/puteri Bapak Ibu sepenuhnya kami ditolong oleh Allah YM Kaya selama 3 tahun terakhir ini dan pada hari ini kami akan mengembalikan mereka semua kembali ke pangkuan Bapak Ibu di rumah namun sekarang mereka telah dibekali dengan membawa satu pegangan untuk melangkah dalam menjalani kehidupan yang insya Allah lebih baik dari 3 tahun yang lalu saat kali pertama Bapak Ibu orang tua/wali siswa membawa mereka untuk belajar di SMKN 38 Jakarta.

Hari ini mereka telah mumpuni sebagai alumni SMKN 38 Jakarta dalam bidang keahliannya masing-masing, mereka telah diuji dalam beragam ujian, mereka telah memiliki sertifikat sebagai pengakuan dari Institusi pasangan kami di dunia kerja bahwa mereka layak dipertimbangkan untuk bekerja atau bahkan mungkin bila keadaan mengizinkan dan Allah memberikan peluang mereka akan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri tanpa harus bergantung pada pihak lain dan mereka akan menjadi tuan bagi diri mereka sendiri.

Tentu saja bagi alumni yang tetap ingin melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi, hal inipun tetap mendapatkan hak sepenuhnya.

Pada kesematan ini kami juga akan saya menyampaikan beberapa siswa sebagai alumni kami tahun ini yang telah mendaftar di PT maupun telah diterima bekerja di beberapa industri.

Yang ketiga, izinkan Ibu juga menyampaikan ucapan selamat yang semoga penuh keberkahan bagi seluruh siswa kelas XII yang telah berhasil mengukir sejarah perjalanan hidup kalian dengan tinta emas pilihan masing-masing.

Selamat jalan, anak-anak Ibu, selamat menempuh jalan panjang kehidupan yang semoga di sepanjang titiannya Allah senantiasa merahmati kalian dengan penuh kebaikan.

Selamat berjuang, anak-anakku, jadikan pengalaman belajar di 38 sebagai catatan perjalanan hidup yang kalian kenangkan dengan mengambil ibrah yang positif.

Selamat mengisi kehidupan di masyarakat yang lebih luas,

Selamat menjadi manusia yang bermanfaat bagi ummat

Selamat terbang mengarungi angkasa raya kehidupan,

selamat menikmati berbagai karuniaNya yang menyenangkan,

Jikapun nanti akan ada satu dua penghalang yang dikirim Allah untuk kalian rasakan, jangan pernah berburuk sangka pada Allah,

yakinkan diri kalian bahwa itu akan menjadikan diri kalian lebih kuat dan lebih perkasa menjalani kehidupan yang fana ini.

Berbaik sangkalah selalu pada Allah, senantiasa berpikir positif, penuh semangat karena sesungguhnya Allah menguji kita semua tidak akan melebihi kapasitas kemampuan kita.

Semoga Allah merahmati kita semua dengan kemudahan dan kebaikan hidup, sehingga kelak kita beruntung menjadi manusia yang ringan langkahnya menuju akhiratNya, amin.

Bapak Ibu para undangan yang baik, anak-anak yang tercinta,

Terakhir yang saya sampaikan dalam kesempatan ini adalah ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Panitia acara penglepasan ini di bawah koordinasi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dra. Hj. Syofriyanti. Semoga kegiatan ini merupakan salah satu ladang amal kebaikan kita semua Keluarga Besar SMKN 38 Jakarta.

Demikian beberapa hal yang saya sampaikan terkait dengan acara penglepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2009 – 2010.

Mohon maaf bila ada yang kurang berkenan, dan terima kasih atas segala perhatian semuanya. Jazakumullah Khairan Katsiran.

Billahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Jakarta, 20 Mei 2010

NURHASNAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: