Sambutan Nurhasnah Memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-66 di SMKN 28 Jakarta


Innal hamdalillah wa sholatu wa salamu ‘ala Rasulillah, puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah YM Penyayang sehingga pada pagi hari ini kita masih diberikannya berbagai nikmat, nikmat sehat, nikmat semangat, nikmat menghirup udara yang segar, dan banyaknya nikmat lain yg tidak dapat kita sebutkan satu per satu.

Khusus pada hari ini 25 November 2011 seluruh guru Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, perasaan sukacita karena pada hari ini adalah hari nasional para guru Indonesia yang patut dibanggakan, hari di mana para guru dikenang dan didoakan oleh segenap anak bangsa dari Sabang sampai Merauke, semoga para guru diberikan kemudahan hidup agar senantiasa bersinar cemerlang membagi pengetahuan dan kebaikan untuk mencerdaskan pelajar-pelajar Indonesia dalam sistem pendidikan yang berkualitas.

Untuk diketahui bahwa hari guru juga dirayakan oleh setiap negara di dunia ini dan bahkan secara global kita memiliki hari guru internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Ibu mengajak kita semua bersama-sama mengakses peringatan hari guru ini melalui internet sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh teman-teman kita sedunia dalam menyambut, merayakan, dan memperingati hari guru di negara masing-masing.

Bapak/Ibu guru dan siswa sekalian,
Sistem dan praktik pendidikan berkualitas hanya akan lahir apabila terdapat guru profesional di dalamnya, memiliki kompetensi yang mumpuni, dan yang kesejahteraannya terpenuhi. Guru sebagai agen pembelajaran diharapkan memiliki empat kompetensi yakni pertama kompetensi pedagogik yang kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran agar peserta didiknya kelak mampu mengaktualisasikan berbagai potensi dimiliknya; kedua kompetensi sosial yang menunjukkan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik dan masyarakat sekitarnya; ketiga kompetensi kepribadian yang intinya bermakna karakteristik pribadi guru harus menjadi teladan bagi peserta didik dengan memiliki akhlak mulia; dan keempat kompetensi profesional yang merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan mereka membimbing peserta didik dalam menguasai materi yang diajarkan secara mumpuni.
Demikianlah betapa sesungguhnya para guru Indonesia memiliki banyak tuntutan kemampuan semata-mata untuk kebaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Kita semua mencintai para guru, mencintai profesi guru, kita semua berterima kasih atas segala pengabdian para guru yang mengantarkan kita menapaki masa depan menuju cita-cita kita.

Hari ini para guru Indonesia mengenakan seragam dengan lambang PGRI di baju yang kita kenakan. Ini adalah cerminan perasaan syukur, bangga, dan bahagia. Dua pelita yang terlihat di kanan, kiri dada baju ini melambangkan pelita yang ada di dada-dada setiap guru khususnya guru SMKN 28 Jakarta yang menerangi kehidupan siswa anak bangsa Indonesia, menuntunnya menyusuri perjalanan panjang menuju masa depan yang lebih baik.

Bapak Ibu guru yang dimuliakan oleh Allah, menjadi seorang guru dikatakan bahwa kita patut digugu dan ditiru karena hakekat para guru luar biasa mulianya. Ucapan seorang guru adalah ucapan seorang pemimpin yang harus dapat dipercaya, karena benar, faktual, bukan fitnah, dan dapat dipertanggungjawabkan. Guru mesti layak digugu, diikuti, dan dipercaya. Ucapan guru, ajakan guru, ajakan pemimpin dilakukan dengan memberi dan

menjadi contoh, yang akhirnya diikuti oleh anak didiknya. Seorang guru hendaknya lebih mawas diri dalam melihat orang lain dan siswanya dengan menghindarkan beragam kebiasaan yang kurang baik, seperti senang menyalahkan atau mengkritik secara berlebihan seolah-olah semua siswa salah.
Guru hendaklah menjadi guru yang baik, yang pandai mawas diri, berilmu padi, makin berilmu, makin tunduk, tunduk pada kemahaluasan pengetahuan semesta Rabb YM Hebat, YM Kuasa, YM menurunkan rahmat kebaikan untuk kita semua. Untuk itu kita para guru, sebagai manusia yang tidak sempurna, marilah setiap hari kita melakukan perbaikan diri, menyempurnakan kepribadian kita, memantapkan langkah kita, agar menjadi guru yang baik di mata seluruh siswa kita dan di mata Allah Subhanahu wa ta’ala.

Para siswa yang dirahmati Allah,
Sepatutnya kita berterima kasih kepada bapak/ibu guru yang tulus, yang mulia, yang telah mengantarkan kita menuju jalan kebaikan hidup dengan senantiasa mendoakan para guru kita. Kita ingin menjadi manusia dan bangsa yang maju dan bermartabat. Kita ingin menjadi bangsa dan manusia yang unggul dan berdaya saing. Kita ingin hidup lebih baik dan kita juga ingin menyumbangkan sesuatu kelak untuk masyarakat kita. Inginkah kita memiliki negara yang maju? Tidak inginkah kita, bangsa kita menjadi bangsa yang bermartabat? Bangsa yang cerdas dan memiliki peradaban? Bangsa yang memiliki sopan santun yang menyejukkan? Bangsa yang menang dalam globalisasi? Bila itu menjadi keinginan kita, maka jawabannya adalah mari tingkatkan pendidikan kita dengan memuliakan para guru kita.

Berkaitan dengan Hari Guru maka khusus di 28 kita ini, ada momen yang berbeda dari upacara kita pada setiap hari senin. Pada hari ini kita menyaksikan partisipasi bapak/ibu guru untuk berkenan bernostalgia, mengenang kembali kepiawaian para guru saat dahulu ketika masih menjadi siswa seperti anak-anak semua, dan hasilnya telah kita saksikan bersama pagi ini. Mari aplaus meriah untuk semua guru SMKN 28 Jakarta.

Terima kasih bapak/ibu semua, yang subhanallah benar-benar bapak/ibu adalah pribadi yang aktif dan membanggakan. Saya senang memimpin 28 saat ini, saya merasa Allah memberikan kebaikan yang tak henti untuk kita semua. Alhamdulillah.

Bapak/Ibu guru, staf Tata Usaha, dan semua siswa 28 yang baik,
Berkaitan dengan hadirnya saya di 28 sejak Senin, 14 November 2011 yang lalu, izinkan Ibu menyampaikan rasa sukacita berkenalan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan yang ada di 28. Mudah-mudahan kehadiran Ibu menjadi salah satu batubata penyempurna bangunan megah rumah pendidikan berkualitas di 28 ini, insyaAllah. Dengan demikian menghadapi hari-hari yad kita telah menjadi saudara yang dipersatukan Allah secara berjamaah untuk menyemai cita-cita luhur mencerdaskan seluruh siswa 28 yang mudah2an kelak dibanggakan Allah di akhiratNya.

Selain itu pula izinkan Ibu mengabarkan berita gembira berkaitan dengan Lomba Kompetensi Siswa Tahun 2011 bahwa teman kita Aisyah Rahma Utami menjadi Juara I untuk Lomba Pekerjaan Sosial di bawah bimbingan seluruh guru, khususnya Ibu Christina Timisela, dan di bawah lantunan doa-doa pengaharapan kita semua keluarga besar SMKN 28 dan seluruh komunitas pendidikan SMK di DKI Jakarta.

Bapak/Ibu yang baik, anak2 sekalian yang tercinta,
Ini adalah kado perkenalan kita yang terindah di awal Ibu memasuki 28 ini. Keberhasilan ini milik SMKN 28 Jakarta dan Kepala Sekolah pendahulu Ibu Dra. Sri Nuryati, Ibu melanjutkan estafeta kepemimpinan di 28 ini dengan segenap rasa bahagia dengan tetap mengharapkan pertolongan Allah YM Baik.
Selamat untuk Bapak/Ibu guru semua, selamat khususnya untuk Ibu Christina yang tekun membimbing Aisyah di tengah2 kesibukan mendampingi suami tercinta yang tengah dalam pemulihan kesehatan, terimakasih, Bu Chris, kiranya Tuhan berkenan membalas Ibu dengan kemuliaan hidup bersama keluarga. Selamat yang istimewa untuk Aisyah yang cantik dan cerdas, selamat untuk semua teman-teman Aisyah, selamat untuk Bapak/Ibu wali kelasnya, selamat juga orang tua Aisyah, selamat untuk seluruh warga 28 yang berprestasi hebat mengukir LKS dengan kejuaraan yang gemilang selama bertahun-tahun sampai tahun 2011 ini, subahanallah. Marilah kita semua bersyukur kepada Allah yang telah menolong kita, menjadikan SMKN 28 berprestasi dengan hasil yang sangat baik, alhamdulillahi Rabbil ’Alamin.

Akhirnya, demikianlah amanat pada hari ini dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional 2010 sekaligus HUT PGRI yang ke-66. Semoga kita semua menjadi anak-anak bangsa yang pandai memuliakan guru, sehingga hidup kita akan lebih berarti di hadapan Allah YM mulia.
Terima kasih atas perhatian kita semua, mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan dalam sambutan ini, semoga Allah senantiasa menuntun kita dalam kebaikan memajukan pendidikan Indonesia, yang kita awali dengan membangun pendidikan yang bermutu, pendidikan yang berkualitas di SMKN 28 Jakarta yang kita cintai ini. Amin ya Allah, amin ya, Rabbal Alamin.
Selamat merayakan hari guru, selamat dan sukses untuk kita semua para guru, staf tata usaha, dan siswa SMK Negeri 38 Jakarta.
Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
Jakarta, 25 November 2010.
NURHASNAH dalam merayakan hari guru di 28.
Sambutan dirangkai dengan mengutip dan menulis ulang materi dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: