Hari Pertama Sekolah di 28


Senin pagi, 090112 cuaca berembun, aku memulai hari dengan semangat baru setelah sehari Ahad kemarin istirahat bersama Afnin di rumah, alhamdulillah. Pagi ini menyusuri jalan Gandul – Pondok Labu menuju Lebak Bulus I mobil motor padat merayap padahal pagi masih pk. 06.35, Gandulku ini memang luar biasa, desa yang sudah mewujud menjadi kota kecil yg sesak. Bergerak perlahan 25 menit waktu tempuhku pagi ini, tiba di 28 dan gerimis menyambutku, Allahumma shaiban nafiian.
Pengarahapanku pagi ini kami mengawali  HPS dengan Upacara namun ternyata mendung dan gerimis maka pertemuan HPS ini kami laksanakan di Aula, dikawal oleh Pak Puji, Bu Nunuk, Pak Japari, dan teman2 guru lainnya. Pak Sudiyana dan Bu Hanik menyambut siswa di gerbang sekolah juga Bu Narti dan Pak Tejo. Pak Prayit memainkan gunting dan sisir barunya untuk mengontrol panjang rambut siswa yang melebihi batas ketentuan, tidak kurang dari 4 siswa menjadi contoh kebaikan ini sehingga besok Selasa siswaku sudah menjadi jejaka yang rapi rambutnya.
Yang kurang menggembirakan adalah banyaknya siswa yang hadir lebih dari pk. 06.30, agak riskan menangani siswa terlambat ini, tate siswa mengharuskan semuanya hadir tepat waktu, rasanya aku perlu mengingatkan untuk kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Ku awali dengan bertanya apakah pagi ini kita telah mengawali hari dengan bersyukur? Salah satu bentuk dan terpenting dari bersyukur setiap pagi saat bangun tidur adalah mandi dan menunaikan sholat Subuh. Pertanyaan ini menyampaikan gelisah hatiku tatkala sebagian siswa mengangkat telunjuknya perlahan. Terpana dalam ketundukan, aku hanya berharap ini adalah titik mulai kami seluruh komunitas 28 untuk menguraikan harapan siswa dan ortu mereka akan seuntai pendidikan akhlak yang mencerdaskan sang buah hati dengan melaksanakan perilaku yang dituntunkan Nabi yang mulia.
Kusampaikan harap pada para siswa agar mereka mengutamakan perbaikan kualitas berhubungan dengan Allah, Tuhan kita YM Baik dan setelah itu jalan panjang kemudahan yang barokah mestinya akan kita dapatkan, insya Allah …
Selesai berdoa bersama seluruh siswa bersiap memasuki jam pertama dan bersama Bapak/Ibu guru kami mendabburi Qur’an kami dengan mentilawahnya perlahan-lahan. Pagi ini 28-ku menggema lantunan ayat2 Allah diawali dengan Al-Fatihah dan Al-Baqarah ayat 1 -7 menyemai harap bersama pada Rabb Penguasa semesta raya, hendaknya kerahimanNya menyelimuti kami semua mengantar anak2 negeri ini menuju jalan penghidupan mereka yang semoga barokah. Hari berikutnya siswa2ku yang nonmuslim bersama Bu Sirait, Bu Arini, dan Bu Christina segera bersama melaksanakan Doa Pagi sehingga menyambungkan hati kita semua pada Dzat YM Satu akan menjadikan kita semua komunitas yang baik.

Bapak/Ibu guru teman2ku yang baik, semoga kesabaran tak terbatas memenuhi relung hati kita semua menjadi guru matahari yang mencerdaskan siswa, amin. Salam; Bu Ana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: