Latihan Manasik Hajji SMKN 28 Jakarta


Rabu, 270912 seluruh siswa muslim kelas X melaksanakan kegiatan pembelajaran manasik hajji di Masjid Kubah Emas Depok bersama lebih dari 20 bapak/ibu guru yg berminat mengikuti tuntunan Rasul ini. Acara dikemas dengan sederhana namun serius oleh bbrp teman sebelumnya berbuah manis saat menyadari bahwa banyak sekali siswa yang antusias terhadap kegiatan ini. Ini adalah kali pertm 28 melaksanakan kegiatan city tour dalam bentuk manasik hajji. Banayak orang bertanya mengapa anak SMK yg manasik seperti anak TK saja. Aku mencoba menjelaskan bahwa manasik hajji bukan hanya untuk anak2 TK, anak2 setingkat SMA/SMK harus merasakan kegiatan manasik hajji, dalam jiwa muda mereka kita harus gelorakan semangat untuk mengunjungi Baitullah, agar dalam benak pikiran mereka, terpatri niat suatu hari nanti, setelah mereka dimampukan Allah untuk memiliki papspor, alangkah indahnya bila paspor mereka didahului dg visa ke rumah Allah di Makkah yang mulia dan Madinah yang barokah. Aku hanya ingin menanamkan mimpi yang akan mereka tunaikan nanti, tahun depan atau beberpa tahun setelah hari ini. Dalam penantian ini aku berharap mereka akan serius belajar, sungguh2 mendalami berbagai pengetahuan di 28, agar mereka mewujud menjadi generasi yang hatinya terpaut pada Ka’bah dan dicintai Allah.
Kegiatan Manasik Hajii ini kami skenariokan secara serius diawali dg berangkat ke Saudi Arabia dg pesawat, berihram di Yalamlam, memasuki kota Makkah,melaksanakan Thawaf 7 keliling, sholat sunnah setelah Thawaf yg diekuivalenkan dg sholat Dhuha, minum air zam zam aqua, bersai antara Shafa dn Marwah lengkap dg raml-nya di pilar hijau, bertahalul, lalu niat berhajji ke Arafah. Singgah tengah malam di Muzdalifah, bermalam di Mina melontar jamarat, dan kembali ke tanah air. Selesai sudah manasik kami yang akan diendapkan oleh ratusan siswa kelas X, pada saatnya nanti Allah akan memanggil mereka dan dg sukacita mereka memenuhinya, Labbaik Allahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk la syarikalak …
Akhirnya adalah rasa terima kasihku yang tulus untuk Bapak/Ibu guru dan TU yg mensupport acara ini dengan mengalirkan semangat padaku untuk terus berbuat dan berbagi. Semoga Allah memberikan keberkahan hidup bagi Bapak/Ibu guru dan TU yang ikut membimbing para siswa di kegiatan ini, aku berharap tahun2 depan acara Manasik Hajji ini akan menjadi salah satu alternatif kegiatan siswa yang tetap dipilih oleh 28 untuk menyemarakkan syiar agama kita yang indah, amin.
Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Wakabid Kesiswaan Pak Puji yg mengetuai kegiatan ini, Bu Retno yang bertanggung jawab dibantu sepenuhnya oleh Bu Nunuk, Pak Mujiyanto, Bu Zana, Bu Rahma, Pak Irwan, Pak Fadli, Bu Sunarti, Bu Juariah, Bu Suci, bu Zultinah, Bu Eli, Bu Martini, Bu Rina, Pak Aries, Pak Rizal, Bu Dewi, Bu Ida, Pak Sutejo, pak Maulana, Bu Nurma, bu Leily, yang semuanya komitmen memberi teladan mengenakan pakaian ihram, dan bbrp guru lain yg turut membantu jg Pak Leo (yg menyusul ke lokasi), smg Allah senants merahmati Bapak/Ibu semua dalam kebaikan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhiratNya nanti, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: