SMKN 62 memperingati Hari Sumpah Pemuda Senin, 28 Oktober 2013


Alhamdulillah, besok Senin, 281013 kami warga 62 akan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-85, mudah2an kegiatan upacara akan berjalan lancar, tidak hujan, dan dibarengi dengan kobar semangat kami mengenang kembali para pemuda hebat berpuluh tahun yang lampau. Semoga pada hari ini Allah mengaruniai para kusuma bangsa ini dengan limpahan bahagia di alam barzah yang terang dan lapang di kubur yang luas, diterangi dengan al-Qur’an amalan para sholihin, diberkahi dengan doa anak-anak negeri yang melanjutkan perjuangan mereka hari ini, semoga kelak disempurnakan pengorbanan darah, airmata, dan jiwa para syuhada dengan manisnya surga yang mempesona, amin …

Berikut ini aku sampaikan bahan sambutanku besok yang ku tulis dengan mengcopy-paste-edit dari Sambutan Menpora RI bapak Roy Suryo, Susunan Acara, dan Teks Doa, semoga bermanfaat bila ada yang membutuhkan, salam; Bu Ana di rumah cinta, 271013 petang lepas Ashr 15.46.

Sambutan pada Upacara Memperingati
Hari Sumpah Pemuda ke-85 Tahun 2013
Senin, 28 Oktober 2013 di SMK Negeri 62 Jakarta

Assalamualaikum Wr. Wb,
Selamat pagi, salam kasih sayang bagi kita semua. Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas berkah, rahmat dan hidayahNya kita masih diberi kesempatan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP), hari yang sangat bersejarah dan telah memberikan inspirasi serta motivasi yang besar bagi kemajuan bangsa Indonesia. Melalui peringatan ini kita dapat mengenang tekad pemuda Indonesia pada saat itu yang “mengikrarkan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, yaitu: Satu Tanah Air – Tanah Air Indonesia, Satu Bangsa – Bangsa Indonesia dan Satu Bahasa – Bahasa Indonesia”.

Peringatan HSP merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangs a Indonesia yang dipelopori oleh anak-anak muda pada zamannya. Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme di tengah­tengah hegemoni kolonialisme penjajah.
Momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan agar semangat yang terkandung di dalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa ini untuk menggapai kejayaan bangsa di masa depan agar dapat hidup sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Secara khusus momentum peringatan HSP tahun ini diarahkan untuk menjadi tonggak pembangunan karakter bangsa pemuda pelajar Indonesia.

Atas dasar semangat itulah peringatan HSP tahun 2013 ini mengangkat tema: “Mewujudkan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif, dan Berprestasi”. Tema ini secara khusus mengandung pesan bahwa saat ini kita memerlukan figur-figur pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi.

Pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, menghormati yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda, serta peduli terhadap sesama. Pemuda Indonesia dituntut untuk santun dalam perkataan, pikiran, dan perbuatan.

Pemuda yang cerdas adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan dihadapinya, yang memiliki kompetensi sehingga akan mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.

Pemuda yang inspiratif adalah pemuda yang mampu memberikan inspirasi bagi pembangunan bangsanya, inspirasi bagi perubahan, dan inspirasi dalam mengembangkan generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang senantiasa berorientasi pada kejayaan, keunggulan, dan kegemilangan masa depan. Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakatnya, dan untuk bangsanya.

Upaya untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi haruslah dijadikan sebagai komitmen kolektif bangsa ini sebagai manifestasi dari semangat dan jiwa Sumpah Pemuda.

Melalui peringatan HSP tahun ini, kita berharap agar seluruh elemen bangs a ini kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan oleh para pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh Indonesia delapan puluh lima tahun yang lampau.

Semoga kita semua, generasi muda bangsa Indonesia, penerus pemegang estafet perjuangan yang dibanggakan dapat memetik hikmah yang terkandung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda.
Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
Jakarta, Oktober 2013
Dicopy-paste-edit dari sambutan Menteri Pemuda Olahraga Rl
Roy Suryo

SUSUNAN ACARA
UPACARA PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH
DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE-85 TAHUN 2013
Senin, 28 Oktober 2013 di SMK NEGERI 62 JAKARTA

1 Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara
2 Kepala SMK Negeri 62 Jakarta selaku Pembina upacara menuju mimbar upacara
3 Penghormatan Umum kepada Pembina upacara
4 Laporan Pemimpin Upacara
5 Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Kelompok Paduan Suara
6 Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Pembina upacara
7 Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945
8 Pembacaan Teks Pancasila oleh pembina upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara
9 Pembacaan Teks Kongres Pemuda Indonesia
10 Sambutan Pembina Upacara – Barisan diistirahatkan
11 Menyanyikan Lagu Nasional: Dari Sabang Sampai Merauke dan Bangun Pemudi Pemuda oleh seluruh peserta upacara
12 Pembacaan Doa
13 Laporan Pemimpin Upacara bahwa upacara telah selesai
14 Penghormatan Umum kepada Pembina upacara
15 Pembina Upacara meninggalkan mimbar upacara
16 Barisan diistirahatkan
17 Pengumuman-pengumuman disampaikan oleh:
a) Wakil Kepala Sekolah Bidang Manajemen Mutu Bapak H. Ramli, M Pd
b) Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ibu Dra. Nur’aeni, M Pd
c) Guru Penanggung Jawab Kegiatan Ekskur Tari Saman Ibu Jayanti Werdiningsih, S Pd
d) Ketua Panitia Kegiatan Pendidikan Anti Korupsi Ibu Puji Astuti, M Pd

Bapak/Ibu guru dan staf Tata Usaha diperkenankan meninggalkan lapangan upacara
Barisan dibubarkan.

Jakarta, 28 Oktober 2013

TEKS DO’A PADA
UPACARA SUMPAH PEMUDA TAHUN 2013 di SMKN 62 Jakarta

Bismillahirrahmanirrahim,
Ya Allah yang Maha Kuasa
Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadiratmu, atas kasih sayang dan izinMu jua pada hari ini, dalam suasana khidmat kami hadir memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2013, naungi kami, ya Rahman dengan rahmat, maghfirah, hidayah, dan ridloMu

Ya Allah, Rabb yang Maha Esa
Rangkaian sejarah Sumpah Pemuda, merupakan bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan panjang bangsa kami dalam meraih dan memperoleh kemerdekaan bangsa kami, oleh karenanya, ya Allah karuniakanlah kepada kami rakyat Indonesia, kesadaran dan kearifan, untuk dapat menghargai para pejuang kami dengan tetap semangat melanjutkan cita-cita pendiri bangsa dan negara tercinta ini demi mewujudkan Indonesia yang bersatu, satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, dan satu tujuan mewujudkan masyarakat Indonesia hidup dalam keadilan dan kesejahteraan

Ya Allah, ya Aziz, yang Maha Bijaksana
Di saat seperti ini, di saat kepala kami tertunduk larut dalam kebesaran dan keagunganMu, terbayang betapa semangatnya para pahlawan, para pemuda negeri ini berjuang demi kejayaan bangsa kami, bukan hanya tetesan keringat namun bahkan darah mereka rela korbankan, bukan hanya harta bahkan jiwa mereka berikan untuk kesatuan dan persatuan bangsa ini, oleh karenanya, ya Arhamar Rahimin, jadikan mereka kusuma bangsa dan syuhada yang Engkau semayamkan dalam keindahan surgaMu

Ya Allah, ya Ghaffar, yang Maha Pengampun
Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa para pemimpin kami, dosa para guru kami dan seluruh bangsa kami, amin ya Rabbal ‘alamin …
Rabbana atina fi dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqina ‘adza bannar, subhana Rabbika Rabbil izzati ‘amma ya Shifun, wa salamun ‘alal mursalin, wal hamdulillahi Rabbil ‘alamin …

Jakarta, 28 Oktober 2013

2 Balasan ke SMKN 62 memperingati Hari Sumpah Pemuda Senin, 28 Oktober 2013

  1. syaiful mengatakan:

    Mohon ijin kopi file ini

  2. Nurhasnah mengatakan:

    Silakan, pak Syaiful…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: