Sambutanku memperingati HGN di SMKN 62 Jakarta


SMK NEGERI 62
JAKARTA

Sambutan Nurhasnah
Memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-68 tahun 2013
di SMKN 62 Jakarta

Innal hamdalillah wa sholatu wa salamu ‘ala Rasulillah, puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah YM Penyayang sehingga pada pagi hari ini kita masih diberikannya berbagai nikmat, nikmat sehat, nikmat semangat, nikmat menghirup udara yang segar, dan banyaknya nikmat lain yg tidak dapat kita sebutkan satu per satu.
Khusus pada hari ini 25 November 2013 seluruh guru Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, perasaan sukacita karena pada hari ini adalah hari nasional para guru Indonesia yang patut dibanggakan, hari di mana para guru dikenang dan didoakan oleh segenap anak bangsa dari Sabang sampai Merauke, semoga para guru diberikan kemudahan hidup agar senantiasa bersinar cemerlang membagi pengetahuan dan kebaikan untuk mencerdaskan pelajar-pelajar Indonesia dalam sistem pendidikan yang berkualitas.
Untuk diketahui bahwa hari guru juga dirayakan oleh setiap negara di dunia ini dan bahkan secara global kita memiliki hari guru internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Ibu mengajak kita semua bersama-sama mengakses peringatan hari guru ini melalui internet sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh teman-teman kita sedunia dalam menyambut, merayakan, dan memperingati hari guru di negara masing-masing.

Bapak/Ibu guru dan siswa sekalian,
Sistem dan praktik pendidikan berkualitas hanya akan lahir apabila terdapat guru profesional guru yang berkualitas, guru yang peduli pada mutu saat proses pembelajaran berlangsung, guru yang tidak terlambat hadir di muka kelas, guru yang tidak terburu-buru ingin pulang, guru yang tidak mau meninggalkan sekolah saat jam kerja, guru yang bersemangat mengajar, guru yang rajin membimbing tadarus, guru yang siap menyambut siswa dengan keramahan tulus, guru yang memiliki kompetensi yang mumpuni, dan yang kesejahteraannya terpenuhi, dan guru di DKIJ telah kita rasakan tingkat kesejahteraan yang jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun yang lampau.

Sebagai agen pembelajaran, guru diharapkan memiliki empat kompetensi yakni pertama kompetensi pedagogik yang kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran agar peserta didiknya kelak mampu mengaktualisasikan berbagai potensi dimiliknya; kedua kompetensi sosial yang menunjukkan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik dan masyarakat sekitarnya; ketiga kompetensi kepribadian yang intinya bermakna karakteristik pribadi guru harus menjadi teladan bagi peserta didik dengan memiliki akhlak mulia; dan keempat kompetensi profesional yang merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan mereka membimbing peserta didik dalam menguasai materi yang diajarkan secara mumpuni.

Demikianlah betapa sesungguhnya para guru Indonesia memiliki banyak tuntutan kemampuan semata-mata untuk kebaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Kita semua mencintai para guru, mencintai profesi guru, kita semua berterima kasih atas segala pengabdian para guru yang mengantarkan kita menapaki masa depan menuju cita-cita kita.

Bapak Ibu guru yang dimuliakan oleh Allah, menjadi seorang guru dikatakan bahwa kita patut digugu dan ditiru karena hakekat para guru luar biasa mulianya. Ucapan seorang guru adalah ucapan seorang pemimpin yang harus dapat dipercaya, karena benar, faktual, bukan fitnah, dan dapat dipertanggungjawabkan.
Guru mesti layak digugu, diikuti, dan dipercaya. Ucapan guru, ajakan guru, ajakan pemimpin dilakukan dengan memberi dan menjadi contoh, yang akhirnya diikuti oleh anak didiknya.
Seorang guru hendaknya lebih mawas diri dalam melihat orang lain dan siswanya dengan menghindarkan beragam kebiasaan yang kurang baik, seperti senang menyalahkan atau mengkritik secara berlebihan seolah-olah semua siswa salah.
Guru hendaklah menjadi guru yang baik, guru yang sholeh shalihat, guru yang pandai mawas diri, berilmu padi, makin berilmu, makin tunduk, tunduk pada kemahaluasan pengetahuan semesta Rabb YM Hebat, YM Kuasa, YM menurunkan rahmat kebaikan untuk kita semua.
Untuk itu kita para guru, sebagai manusia yang tidak sempurna, marilah setiap hari kita melakukan perbaikan diri, menyempurnakan kepribadian kita, memantapkan langkah kita, agar menjadi guru yang baik di mata Allah Subhanahu wa ta’ala.

Para siswa yang dirahmati Allah, bapak/ibu guru yang berbahagia,
Sepatutnya kita berterima kasih kepada bapak/ibu guru yang tulus, yang mulia, yang telah mengantarkan kita menuju jalan kebaikan hidup dengan senantiasa mendoakan para guru kita. Kita ingin menjadi manusia dan bangsa yang maju dan bermartabat. Kita ingin menjadi bangsa dan manusia yang unggul dan berdaya saing tinggi. Kita ingin hidup lebih baik dan kita juga ingin menyumbangkan sesuatu kelak untuk masyarakat kita. Oleh karenanya kita harus memiliki negara yang maju, bangsa yang bermartabat, warga masyarakat yang cerdas cendekia, memiliki peradaban yang memuliakan manusia, menang dan unggul berkualitas dalam era globalisasi. Untuk mencapai semua keinginan tersebut, kita harus meningkatkan pendidikan kita dengan senantiasa memuliakan para guru kita, mendoakannya senantiasa dalam keberkahan Allah.

Bapak/Ibu dan seluruh siswa,
Berkaitan dengan memperingati Hari Guru Nasional, maka kita telah menyaksikan kepiawaian para guru partisipasi seraya bernostalgia, mengenang kembali masa-masa remaja para guru 62 saat masih menjadi siswa seperti anak-anak semua, dan hasilnya telah kita saksikan bersama pagi ini. Mari aplaus meriah untuk semua guru dan staf Tata Usaha SMKN 62 Jakarta.
Terima kasih bapak/ibu semua, yang subhanallah benar-benar bapak/ibu adalah pribadi yang aktif dan membanggakan. Saya senang memimpin 62 saat ini, saya merasa Allah memberikan kebaikan yang tak henti untuk kita semua. Alhamdulillah.

Selanjutnya adalah ucapan ‘selamat’ atas berbagai prestasi yang telah dipersembahkan oleh seluruh siswa di bawah bimbingan bapak/ibu guru semua. Sesungguhnya tidak akan ada siswa yang hebat melainkan ada sosok guru yang hebat di balik kesuksesan mereka. Oleh karenanya kepada seluruh guru yang telah berhasil mengupayakan kemenangan namun belum diberikan keberhasilan itu oleh Allah, juga guru2 yang mempersembahkan kemenangan yang membanggakan sekolah, bu Ana sampaikan terima kasih jazakumullah khairan katsiran atas segala penat dan upaya yang telah dicurahkan semoga ini menjadi jalan kebaikan kita sampai di akhirat Allah kelak. Ada banyak keberhasilan yang menyenangkan hati kita semua, namun ada juga keberhasilan yang ditunda untuk kita, dalam kehidupan itu adalah hal yang biasa, menjadi luar biasa bila kita mau mengoreksi diri, bermuhasabah, menganalisis faktor2 yang mempengaruhi tingkat keberhasilan kita, berdiskusi dengan rekan sejawat, hal itu akan memberikan dampak yang signifikan bagi keberhasilan kita berikutnya.

Ibu kabarkan kemenangan teranyar yang kita raih adalah kemenangan dalam:
• LKS Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan Bidang Lomba House Keeping yang diraih oleh ……… sebagai Juara II dan Desya Juara III kelas XII PH, … akan melaju ke tingkat provinsi DKI Jakarta mewakili Jakarta Selatan bersama sang juara I
• LKS Bidang Lomba Administrasi Perkantoran Juara Harapan II atas nama Donny kelas XII AP

Selamat kepada Pak Hendro, Bu Euis, dan Bu Sartika, untuk Bu Nunuk dan Bu Puji, juga untuk Bu Susi, dkk, untuk Bu Fitri dan Bu Nur’aeni, terima kasih juga untuk semua warga sekolah yang selama dua hari pelaksanaan LKS HK di 62 ini telah bertindak sebagai tuan rumah yang baik.

Marilah kita semua bersyukur kepada Allah yang telah menolong kita, menjadikan SMKN 62 berprestasi dengan hasil yang baik, alhamdulillahi Rabbil ’alamin.

Akhirnya, demikianlah amanat Ibu pada hari ini dalam memperingati merayakan Hari Guru Nasional 2013 sekaligus HUT PGRI yang ke-68. Semoga kita semua menjadi anak-anak bangsa yang pandai memuliakan guru, sehingga hidup kita akan lebih berarti di hadapan Allah YM Mulia.

Terima kasih atas perhatian kita semua, mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan, semoga Allah senantiasa menuntun kita dalam kebaikan memajukan pendidikan Indonesia, yang kita awali dengan membangun pendidikan yang bermutu, pendidikan yang berkualitas di SMKN 62 Jakarta yang kita cintai ini.
Amin ya Allah, amin ya, Rabbal Alamin.

Selamat merayakan hari guru, selamat dan sukses untuk kita semua para guru, staf tata usaha, dan siswa SMK Negeri 62 Jakarta, barakallahu fikum,

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Jakarta, 25 November 2013.

NURHASNAH dalam merayakan Hari Guru di 62.
Sambutan dirangkai dengan mengutip menulis ulang dan materi dari berbagai sumber – di rumah cinta, 241113 ba’da Maghrib.

SMK NEGERI 62
JAKARTA
SUSUNAN ACARA dalam UPACARA
Memperingati Hari Guru Nasional dan
Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ke–68 Tahun 2013
Senin, 25 November 2013

Bismillahirrahmanirrahim,
Upacara bendera dalam memperingati Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ke–68 Senin, 25 November 2013 segera dimulai.

 Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara
 Pemimpin upacara menyiapkan barisan upacara
 Pembina upacara memasuki lapangan upacara
 Penghormatan umum kepada Pembina upacara
 Laporan Pemimpin upacara kepada Pembina upacara bahwa upacara siap dimulai

 Pengibaran bendera merah putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan bersama oleh seluruh peserta upacara
 Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina upacara
 Pembacaan Teks Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
 Pembacaan Teks Pancasila oleh Pembina Upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara
 Pembacaan Teks Ikrar Persatuan Guru Republik Indonesia

 Amanat Pembina Upacara, barisan diistirahatkan

 Menyanyikan Lagu Wajib Nasional ‘Hymne Guru’ dan ‘Syukur’ oleh seluruh peserta upacara

 Prosesi perlambang ucapan terima kasih dari perwakilan siswa kepada seluruh guru disampaikan oleh … kelas … Ketua OSIS SMKN 62 Jakarta.

 Pembacaan doa
 Penghormatan umum kepada Pembina upacara
 Laporan Pemimpin upacara kepada Pembina upacara bahwa upacara telah selesai.
 Upacara selesai, Bapak/Ibu Guru dan Staf Tata Usaha berkenan meninggalkan Lapangan Upacara
 Barisan dibubarkan

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Jakarta, 221113 – SMK Negeri 62 menyambut HGN 2013
SMK NEGERI 62
JAKARTA
NASKAH DO’A
Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun PGRI ke–68 Tahun 2013
Senin, 25 November 2013

Bismillahir rahmanir rahim;

Ya Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang;
Pada pagi hari ini, kami para hambaMu berdiri di sini, memanjatkan syukur ke hadiratMu, atas segala rahmat dan karunia yang Engkau curahkan kepada kami selama ini, semoga Engkau senantiasa mengasihi kami dengan keberkahan hidup yang melingkupi diri kami.

Ya Allah, ya Rabbi … Sampaikan salam cinta dan rindu kami bagi kekasihMU, junjungan kami Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa Sallam, manusia yang menjadi teladan sepanjang hayat kami, sosok guru yang mulia dan senantiasa memuliakan ummatnya.

Ya Allah Yang Maha Kuasa,
Dengan segala kebaikanMU, maka saat ini kami dapat melaksanakan upacara, dalam memperingati Hari Guru Nasional danhari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke–68 tahun 2013.

Ya Allah Ya Syakur, Wahai Dzat Yang Maha Mensyukuri,
Jadikanlah kami semua, hamba-hambaMU yang pandai bersyukur, bersyukur atas segala nikmat yang Kau berikan kepada kami, nikmat berbagi pengetahuan dan pelayanan pendidikan bagi para siswa kami, nikmat rezeki yang Engkau limpahkan dalam keseharian kami, nikmat memiliki keluarga yang sakinah dalam kehidupan kami, nikmat memiliki para siswa yang Engkau titipkan pada kami, untuk kami berikan bimbingan pembelajaran, sehingga mereka dapat menjadikan kebaikan dalam diri mereka, meningkatkan nilai pribadi yang luhur dalam kehidupan mereka,

dan menjadikan mereka, sebagai anak-anak yang sholeh, anak-anak yang baik, anak-anak yang rajin belajar, anak-anak yang akan berhasil menyelesaikan pendidikannya di SMK Negeri 62 Jakarta ini tepat pada waktunya nanti, menjadikan mereka anak-anak yang menjadi kesayangan orang tua mereka dan menjadi kebanggaan kami para gurunya.

Ya Rabbana, ya Ghafur, Allah Yang Maha Pengampun,
Ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa seluruh guru-guru kami, para pemimpin kami, para orang tua kami, limpahkanlah kebaikan dan kesejahteraan hidup bagi mereka, karena atas jasa merekalah kami dapat berdiri di sini, berikanlah pahala atas pengabdiannya pernah mendidik kami, jadikanlah ini menjadi jalan mereka mewarisi surgaMu

Ya Allah, ya Maha Mengabulkan Doa,
Berkahilah kami di SMKN 62 ini, dengan semangat kerja dan pengabdian yang tinggi, berikanlah kami keteguhan hati untuk mampu meningkatkan prestasi, berikanlah semangat juang dan belajar yang tinggi bagi anak-anak kami, seluruh siswa, dan alumni sekolah kami, jauhkanlah kami dari sifat malas, fitnah, dan pengaruh syaitan dalam diri kami, berkahilah kami semua dengan kemuliaan hidup yang mendamaikan hati.

Yaa Allah, Yaa Haadii Maha Memberi Petunjuk, tunjukkanlah kepada kami hal yang benar itu benar dan berilah kami kemampuan untuk mengikutinya serta tunjukkanlah kepada kami yang hal salah itu salah dan berilah kami kekuatan untuk menjauhinya.
Rabbana atina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzaaban naar … walhamdulillahi rabbil ‘alamiin …

Jakarta, 231113 – SMK Negeri 62 menyambut HGN 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: